Untaian Nasihat al-Habib Ahmad bin Hasan al-Atthos

al-Habib Ahmad bin Hasan al-Aththos:

  • Manusia yang satu dengan yang lain laksana magnet yang saling tarik menarik ketika berdekatan. Oleh karena itu kalian harus pintar dan pandai untuk memilih teman. Siapa teman duduk anda…? Siapa teman dekat anda…? Dan siapa orang yang anda cintai..? Sebab, sifat yang satu dengan yang lainnya saling menularkan.
  • Sesungguhnya fudlul [1] itu dapat menjauhkan seseorang dari Tuhan-nya dan para salafnya juga dapat memutus madad atau pemberian mereka yang seharusnya ia dapat.
  • Orang yang memiliki sifat fudlul adalah ibarat orang yang dalam keadaan jinabah. Apa sah sholat baginya..? Apa boleh membaca al-Qur’an..? Apa boleh masuk masjid..?
    Fudlul adalah jinabah bathin yang menyebabkan ia jauh dan terputus dari segala kebaikan.
  • Jika kalian melakukan hal-hal yang fudlul kami tidak meninggalkan kalian, akan tetapi kita hanya menjauh dari kalian sebagaimana menjauhnya seorang suami dari sang istri yang sedang haidl. Apakah menjauhnya suami itu bermakna cerai…? Tidak..!!! Begitu juga kalian, fudlul adalah ibarat haidl bagi kalian yang tetap ada sampai kalian bersuci.
  • Larang anak-anak kalian juga ingatkan kepada orang-orang agar tidak suka mengeluarkan anak burung dari sangkarnya atau mengambilnya karena itu berakibat tidak baik dan di takutkan bagi pelakunya akan Allah ambil anaknya sebagai balasannya.

One thought on “Untaian Nasihat al-Habib Ahmad bin Hasan al-Atthos

  1. Pingback: Untaian Nasihat al-Habib Ahmad bin Hasan al-Atthos (02) « Anaknya Abi's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s