Untaian Nasihat al-Habib Ahmad bin Hasan al-Atthos (02)

al-Habib Ahmad bin Hasan al-Atthas berkata :

  • Aku pernah menemukan tulisan tangan dari seorang wanita bangsa al-Amudi, menulis Syarh kitab al-Manhaj karangan Imam Subki yang terdiri dari 6 jilid lalu wanita tersebut mengatakan dalam tulisannya: “Mohon memberi udzur kepadaku jika ada salah tulis, karena aku menulisnya dalam keadaan menyusui.” Habib Ahmad berkata: Sangat di sayangkan sekali di zaman sekarang semangat wanita melemah karena mereka sibuk atas dirinya sendiri.
  • Hati adalah sebuah tempat bagi manusia. Tidak lain tugas kalian adalah membersihkanya walaupun kalian tidak isi dengan sesuatu. Akan datang para Salaf mencari tempat-tempat yang bersih dan akan mengisinya. Jadi, bersihkan hati kalian jangan biarkan sifat iri, dengki dan hasud serta hawa nafsu atau juga perkara-perkara yang membuat kalian jauh dari Allah Ta’laa dan Rosul Allah Shallallahu ‘Alayh Wa Sallam juga para salaf. Usahakan hati kalian selalu bersih, maka kalian akan di beri atas apa saja yang kalian mau.
  • Ketahuilah jika ketika di sifatkan kepada kalian sifat-sifat yang baik lalu ada rasa rindu atau ingin memiliki sifat-sifat tersebut atau ketika di sebutkan perbuatan-perbuatan yang baik, ada rasa ingin mengerjakannya begitu juga ketika mendengar kata-kata yang baik hati kalian merasa tenang, maka ketahuilah tidak ada jarak lagi antara kalian dengan kebaikan tersebut melainkan satu perkara lagi yaitu, rasa berat atau malas yang ada pada kalian. Penghalang kalian untuk dekat dengan kebaikan dan para salaf kalian tidak ada lagi kecuali rasa berat atau malas tersebut. Apakah ada di antara kalian yang mengikuti jejak perintah Allah Ta’ala dan Rosul-Nya Shallallahu ‘Alayh Wa Sallam juga para salaf kalian atau kalian tidak menyukai jejak para salaf kalian…? Memang penghalang kalian terasa berat tapi kalian hibur diri kalian dan tanamkan rasa rindu kepada Tuhan kalian.
  • Lazimilah doa, karena orang yang tenggelam tidak ada yang membuatnya manfaat kecuali doa atau memohon pertolongan agar di selamatkan. Begitu juga halnya sekarang manusia telah tenggelam dalam amal-amal yang jelek dan niat yang jelek serta tenggelam dalam dunia dan kemegahan juga dalam angan-angan. Dan tidaj akan menyelamatkan itu semua kecuali doa atau permohonan kepada Allah. Mudah-mudahan Allah menggembirakan hati kalian dan menerima amal-amal kita berkah doa.

Untaian Nasihat al-Habib Ahmad bin Hasan al-Atthos Bagian 1

Sumber Di Sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s